MEMBUAT CHARGER AKI 12V OTOMATIS

Halo gan
ketemu lagi di blog sederhana ane
kali ini saya akan sharing cara membuat charger aki otomatis 12 v atau aki 12 volt.rangkaian ini ane nemuin dio google..banyak banget..tapi ane pilih pilih dan ane edit dikit dan ketemu hasil seperti di bawah ini...rangkaian ini menggunakan ic NE555 sebagai otak  ya dan beberapa komponen pendukung lain nya..rangkaian ini masih butuh travo lagi y gan...untuk batas volt pengisian bisa di atur oleh trimpot nya,dan juga ada trimpot untuk batas akhir pengisian...jadi charger di set full max 13,8 volt,jika tegangan lebih dari itu charger akan di putus...sedangkan pengisian lagi akan di set 10 volt ,jadi rangkaian akan charger lagi stelah tegangan turun 10 volt...di foto masih belum ada travo nya tinggal tambah travo..inti nya rangkaian ini jika tegangan sudah full maka travo akan di putus...rangkaian tetep stanby...

ok langsung saja mohon maaf penjelasan berbelit belit hehehe

berikut foto foto dan skema













untuk file layout bisa anda download disini

untuk ampere travo pake hitungan 10 jam biar full
jadi semisal aki nya 10 amper jadi pake travo 1 amper saja..karean 1 x 10 jam =- 10 amper
untuk volt nya pake 15 volt

ok sekian sharing yang pernah ane alamin
jika ada kesalahan  silahkan ditegur atau di komentari
terima kasih

12 Responses to "MEMBUAT CHARGER AKI 12V OTOMATIS"

  1. Om kalau saya memakai aki mobil. Trus travonya 10A, bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aki mobil yang 40 amper kah gan...kalo misal aki nya 40 amper jika pake trtavo 10 amper berrti pengisian cuma 4 jam...sekitar segitu...pake 5 amper an aja gan

      Hapus
  2. Gan apakah kuat tembaga di pcb nya buat nahan Amper aki saat proses pengecatan?

    BalasHapus
  3. Gan klo 2222a nya di ganti tip41c bisa gk?

    BalasHapus
  4. Itu transistornya apa aja?

    BalasHapus
  5. sudah fix kah gan?
    cara setel outnya gemana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya cara set batas pengisiannya gemana?
      dan cara set batas pengisiannya?
      mohon dijelaskan.. 🙏

      Hapus
  6. sudah fix kah gan?
    cara setel outnya gemana gan?

    BalasHapus
  7. Input nya berapa gan? 220 volt kah?

    BalasHapus
  8. Mantep, udah aku bikin lebih ringkas lagi.

    BalasHapus

wdcfawqafwef